Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

VIDEO PEMBELAJARAN PKN MENGENAI PEMBENTUKAN BPUPKI UNTUK SMP KELAS VII

Sanggar Belajar Hero. Video Pembelajaran PKN Mengenai Pembentukan BPUPKI. Hallo semua, masih sehat kah mudah-mudahan kita semua masih diberikan kesehatan dan imunitas yang tinggi dalam masa pandemi COVID-19 ini. Dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) kali ini admin akan membahas tentang pembentukan BPUPKI. Singkatan apakah BPUPKI itu ? baik admin akan jabarkan singkatan dari BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia).

BPUPKI sebenarnya adalah badan yang di bentuk oleh pemerintah pendudukan balatentara jepang yang waktu itu sedang menjajah bangsa indonesia. Pemerintahan Jepang melalui militernya yang diwakili oleh komando AD ke 16 dan ke 25 telah menyetujui pembentukan Badan Penyelidik Upaya Persiapan Kemerdekaan Republik Indonesia yaitu pada tanggal 1 maret tahun 1945 akan tetapi badan ini baru benar-benar di resmikan pada tanggal 29 april 1945 bertepatan dengan hari ulang tahun kaisar negara jepang yang bernama Kaisar Hirohito.
Video Pembelajaran Arti dan Kedudukan Pancasila Klik di Sini
BPUPKI yang dulu di bentuk hanya untuk wilayah Jawa termasuk pulau madura dan sumatera, karena komando AD ke 16 dan ke 25 ini hanya berwenang atas kedua wilayah tersebut sedangkan wilayah lainnya seperti Kalimantan dan Indonesia bagian timur yang dikuasai oleh Komando AL Jepang tidak berlaku dan tidak membentuk badan yang serupa. 

Pembentukan BPUPKI awalnya adalah memang janji negara jepang kepada negara Indonesia agar bisa membantu jepang dalam melawan sekutu dan berperang oleh karena itu salah satu contoh latihan militer yang di buat jepang adalah pembentukan tentara PETA (Pembela Tanah Air). Pelatihan militer tentara PETA di bentuk dan dilatih oleh tentara jepang dan di bentuk pada tanggal 03 oktober 1943, dan untuk pelatihannya di adakan di daerah Bogor Provinsi Jawabarat yang diberi nama Jawa Bo-ei Giyûgun Kanbu Resentai.

PETA di bubarkan setelah Proklamasi kemerdekaan  Indonesia dan peranan Mantan tentara PETA di dalam perjuangan kemerdekaan republik Indonesia sangat lah besar salah satu contohnya adalah Jenderal Besar Sudirman dan Mantan Presiden Soeharto yang keduanya memang dibentuk dan dididik oleh PETA yang dulunya dilatih oleh Angkatan Darat Kekaisaran Jepang, dan merupakan cikal bakal dibentuknya TNI.
Video Pembelajaran Belajar Asyik PKN SMP Klik di Sini
Untuk lebih jelasnya tentang pembentukan BPUPKI admin akan menampilkannya melalui tayang vidio di bawah ini agar jelas disertai gambar dan vidio ketika Indonesia akan mengalami detik-detik kemerdekaan, seperti pada Video Pembelajaran PKN Mengenai Pembentukan BPUPKI berikut ini


Demikian. Semoga Video Pembelajaran PKN Mengenai Pembentukan BPUPKI ini mencerahkan pengunjung semuanya yang sedang mencari video pembelajaran, terutama video pembelajaran PKN SMP. Salam.

Post a Comment for "VIDEO PEMBELAJARAN PKN MENGENAI PEMBENTUKAN BPUPKI UNTUK SMP KELAS VII"