Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Satu Lembar Kelas 1 Semester 1 dan 2 SD MI Terbaru 2020


Sanggar Belajar Hero. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan salah satu komponen administrasi pembelajaran yang wajib dimiliki guru, tanpa terkecuali RPP Satu Lembar Kelas 1 Semester 1 dan 2 SD MI Terbaru  2020
Lengkap : Video Pembelajaran Kelas 1 SD K13 Klik di Sini

Apakah Bapak dan Ibu guru pengajar Sekolah Dasar sudah memiliki RPP 1 Lembar Kelas 1 SD Semester 1 dan Semester 2 ( Tema 1,2, 2,4 ,4,4,7 dan 8) untuk dijadikan perangkat pembelajaran menjelang tahun ajaran baru ini ? Jika ternyata belum maka artikel RPP Satu Lembar SD Kelas 1 Revisi Terbaru 2020 ini bisa menjawab kebutuhan Bapak dan Ibu khususnya pengajar SD Kelas 1.


RPP Satu Lembar Kelas 2 SD Unduh di Sini 


RPP Satu Lembar SD Kelas 1 Revisi Terbaru 2020 ini dikembangkan berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 tahun 2019 dan sesuai dengan prinsip-prinsip pengembangannya.


Apabila menurut Bapak/Ibu Guru RPP Satu Lembar SD Kelas 1 Revisi Terbaru 2020 ini ada beberapa kekurangan, RPP Satu Lembar SD Kelas 1 ini dapat dikembangkan sendiri dengan berpedoman pada prinsip-prinsip pengembangan RPP terbaru, yaitu efektif, efisien, dan berorientasi pada peserta didik khususnya peserta didik usia Kelas 1 SD


RPP Satu Lembar Kelas 3 SD Unduh di Sini 


Sedikit mengulas mengenai RPP Satu Lembar SD Kelas 1 Revisi Terbaru 2020 ini, RPP Satu Lembar SD Kelas 1 ini merupakan hasil revisi terbaru dengan format satu lembar yang sudah terintegrasi dengan Literasi Abad 21, HOTS, 4C dan PPK serta sudah disesuaikan dengan silabus yang berlaku. 


Karena hal tersebut, Admin yakin kalau RPP SATU LEMBAR KELAS 1 SD ini dapat dijadikan acuan ataupun referensi Bapak dan Ibu semuanya.


RPP Satu Lembar Kelas 4 SD Unduh di Sini 


Selayang Pandang Mengenai RPP Revisi Terbaru 2020



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih.


RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD) yang ada pada Kelas 1 SD.

LKPD Lengkap Kelas 1 Sampai Kelas 6 SD Download di Sini


RPP menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran di dalam mencapai sebuah Kompetensi Dasar (KD) yang ditetapkan dalam Kompetensi Inti (KI) dan dijabarkan dalam silabus yang relevan pada Kelas 1 SD


RPP wajib dimiliki guru sebagai bagian dari perangkat mengajar, tanpa terkecuali RPP Satu Lembar Kelas 1 SD ini. RPP menjadi pedoman bagi guru kelas maupun guru mata pelajaran dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rambu-rambu yang telah ditetapkan.

RPP Satu Lembar Kelas 5 SD Unduh di Sini 


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, telah mengeluarkan kebijakan baru terkait penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), yaitu RPP Satu Lembar.


Kebijakan baru tersebut berupa penyederhanaan RPP, atau yang di kenal RPP Satu Lembar dengan mempertimbangkan prinsip efisienefektif, dan berorientasi pada peserta didik.


Efisien berarti penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak banyak menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Efektif artinya penulisan RPP dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran.


RPP Satu Lembar Kelas 6 SD Unduh di Sini 


Sedangkan berorientasi pada Peserta Didik berarti penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar peserta didik di kelas.


Kebaikan penyederhanaan RPP ini dimantapkan dengan dikeluarkannya Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)


Pertimbangan penyederhanaan RPP ini adalah guru-guru sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu yang seharusnya bisa lebih difokuskan untuk mempersiapkan


PPT (Power Point) Interaktif SD Kelas 1 sampai 6 SD Unduh Di Sini


Terdapat 12 (tiga belas) komponen RPP yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2014 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah dan semua komponen tersebut harus ada dalam penyusunan RPP.


Melalui penyederhanaan RPP ini, maka guru bebas membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik.


Hanya ada 2 (tiga) komponen inti dalam penyederhanaan RPP, seperti yang ada pada RPP Satu Lembar Kelas 1 Semester 1 dan 2 SD MI Terbaru  2020 yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assesment), sedangkan komponen lainnya bersifat sebagai pelengkap.

 1. Tujuan Pembelajaran



Tujuan pembelajaran ditulis dengan merujuk pada Kurikulum 2012 dan kebutuhan belajar peserta didik.


Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh siswa sesuai dengan kompetensi dasar.

Tujuan pembelajaran dibuat berdasarkan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator yang telah ditentukan.

 2. Langkah-langkah Pembelajaran



Langkah-langkah pembelajaran ditulis secara efektif berupa kegiatan yang dapat secara langsung mencapai Kompetensi Dasar.


Soal dan Pembahasan OSN/KSN IPA SD Unduh Di Sini


Meskipun demikian, kegiatan pembelajaran tetap dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik.


Di dalam kegiatan pembelajaran, peserta didik diajak untuk berpartisipasi aktif, memberikan ruang yang cukup bagi kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologisnya.


2. Penilaian Pembelajaran (Assesment)



Prosedur penilaian pembelajaran juga dibuat secara sederhana dengan tetap memperhatikan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada standar penilaian.


Dengan adanya kebijakan penyederhanaan RPP ini, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bisa saja dibuat hanya satu halaman, karena penyederhaan RPP tidak memerlukan persyaratan jumlah halaman.


Soal dan Pembahasan OSN.KSN Matematika SD Unduh DI Sini


Guru yang sudah membuat RPP dengan format yang mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2014 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah tetap dapat menggunakan format RPP yang sudah dibuat sebelumnya.


Guru juga dapat memodifikasi format RPP yang sudah dibuat sesuai dengan prinsip efektif, efisien, dan berorientasi pada peserta didik


Download RPP Satu Lembar Kelas 1 Semester 1 dan 2 SD MI Terbaru  2020




RPP Satu Lembar Kelas 1 Semester 1 dan 2 SD MI Terbaru  2020


Bapak dan Ibu guru bisa langsung mengunduh RPP Satu Lembar SD Kelas 1 ini hanya dengan satu klik saja. Hal yang perlu diingat adalah file RPP Satu Lembar SD Kelas 1 Revisi Terbaru 2020 ini berekstensi RAR sehingga harus di ekstrak terlebih dahulu setelah mendownloadnya baru bisa menggunakan RPP Satu Lembar SD Kelas 1 Revisi Terbaru ini

 Silahkan klik tautan ini >> DI SINI << untuk bisa mengunduh RPP Satu Lembar SD Kelas 1. Semoga RPP Satu Lembar SD Kelas 1 Revisi Terbaru 2020 ini bisa bermanfaat dan menambah khazanah keilmuan kita yang nantinya akan kita pergunakan untuk membekali peserta didik.Sekian artikel dari kami menganai RPP 1 Lembar Kelas 1 SD Semester 1 dan Semester 2. 


Sanggar Belajar Hero kedepannya tidak hanya akan memposting RPP Satu Lembar SD Kelas 1 saja, tetapi RPP Satu Lembar SD Kelas I seperti sekarang ini. 


Insha Allah, sehari satu RPP Satu lembar SD Sesuai dengan tingkatan/kelasnya, hari ini RPP Satu Lembar SD Kelas 1 Revisi Terbaru 2020, dan Alhamdulillah semuanya sudah ter upload engan baik.


Silahkan bagikan link blog ini via share this post yang ada di bawah artikel RPP Satu Lembar SD Kelas 1 Revisi Terbaru agar Bapak Ibu guru yang lain juga tahu dan bisa memanfaatkan RPP Satu Lembar SD Kelas 1 ini untuk persiapan tahun ajaran baru 2020-2021. Terima Kasih


Post a Comment for "RPP Satu Lembar Kelas 1 Semester 1 dan 2 SD MI Terbaru 2020"