Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Modul Pembelajaran Matematika Kelas 10 SMA Semester Ganjil 2020

Sanggar Belajar Hero. Dengan diberlakukannya standar isi untuk satuan pendidikan menengah atas maka penyusunan modul menjadi suatu tatanan bagi para guru. Apalagi dalam upaya untuk meningkatkan kemandirian dan keaktifan siswa dalam belajar, maka modul merupakan satu bahan ajar yang tepat digunakan, termasuk Modul Pembelajaran Matematika Kelas 10 SMA Semester Ganjil 2020 ini. 

Kemudian diharapkan setelah mempelajari modul ini akan memperoleh pemahaman tentang konsep-konsep matematika yang dikaitkan dengan masalah kontekstual. Dalam kehidupan sehari-hari, kita seringkali berhadapan dengan persoalan yang jika ditelusuri ternyata merupakan masalah matematika. Dengan mengubahnya ke dalam bahasa matematika, maka persoalan tersebut menjadi lebih mudah untuk diselesaikan ditambah dengan penerapan model pembelajaran yang inovatif. Oleh karena itu penulis menyusun modul matematika kelas X SMA dengan menerapkan pembelajaran kooperatif dengan beberapa variasi.

Dalam modul ini akan dipelajari beberapa pokok bahasan yaitu persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel dan sistem persamaan linear tiga variabel berdasarkan indikator pembelajaran. Sebagai perwujudan dari kompetensi dasar tersebut ditunjukkan dengan hasil belajar. Indikator pencapaian hasil belajar untuk mendukung tercapainya kompetensi dasar dan kompetensi dasar dalam Modul Pembelajaran Matematika Kelas 10 SMA Semester Ganjil 2020 adalah sebagai berikut:

A. Kompetensi Inti

  1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
  4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B. Kompetensi Dasar

  1. Menyusun persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel yang memuat nilai mutlak dari masalah kontekstual.
  2. Menyusun sistem persamaan linear tiga variabel dari masalah kontekstual.
  3. Menjelaskan dan menentukan fungsi (terutama fungsi linear, fungsi kuadrat, dan fungsi rasional) secara formal yang meliputi notasi, daerah asal, daerah hasil, dan ekspresi simbolik, serta sketsa grafiknya
  4. Menjelaskan dan melakukan operasi aritmetika (penjumlahan, pengurangan,perkalian, dan pembagian) dan operasi komposisi pada fungsi
  5. Menjelaskan fungsi invers dan sifat-sifatnya serta menentukan eksistensinya
  6. Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan persamaan atau pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variabel.
  7. Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga variabel.
  8. Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan daerah asal dan daerah hasil fungsi
  9. Menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi aritmetika dan operasi komposisi fungsi
  10. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi invers suatu fungsi

C. Indikator

  1. Mengingat kembali pengertian persamaan linear satu variabel dan cara menyelesaikannya.
  2. Mengingat kembali pengertian pertidaksamaan linear satu variabel dan cara menyelesaikannya.
  3. Mendefinisikan pengertian nilai mutlak.
  4. Menuliskan sifat-sifat nilai mutlak.
  5. Menyusun persamaan nilai mutlak linear satu variabel.
  6. Menentukan penyelesaian persamaan nilai mutlak linear satu variabel.
  7. Menyusun pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel.
  8. Menentukan penyelesaian pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel.
  9. Mengubah suatu masalah yang diketahui dalam variabel x, y, dan z.
  10. Menentukan masalah ke dalam bentuk tabel.
  11. Menyusun sistem persamaan linear tiga variabel dari soal cerita
  12. Mengidentifikasi sistem persamaan linear tiga variabel menjadi persamaan linear dua variabel dengan cara mengeliminasi salah satu variabel.
  13. Mengidentifikasi sistem persamaan linear dua variabel.
  14.  Menyelesaikan ketiga variabel.
  15. Menjelaskan hubungan antara daerah asal, daerah hasil suatu fungsi dan ekspresi simbolik
  16. Menentukan masalah kontektual yang dinyatakan dengan fungsi linier
  17. Mengidentifikasi masalah yang melibatkan daerah asal dan daerah hasil fungsi
  18. Menyajikan masalah yang melibatkan daerah asal dan daerah hasil fungsi, ekspresi simbolik, serta sketsa grafiknya
  19. Menyelesaikan masalah kontekstual yang dinyatakan fungsi linier
  20. Menentukan fungsi kuadrat
  21. Menggambar sketsa garfik fungsi kuadrat dan mangenalisis karakteristik masing-masing grafik (titik potong dengan sumbu, titik puncak, dan asimtot)
  22. Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan fungsi kuadrat
  23. Menjelaskan operasi fungsi komposisi fungsi
  24. Menentukan hasil operasi komposisi fungsi
  25. Mengidentifikasi masalah yang melibatkan operasi komposisi fungsi
  26. Merumuskan masalah yang melibatkan operasi komposisi fungsi
  27. Menyelesaikan masalah yang melibatkan oerasi komposisi fungsi
  28. Membedakan suatu fungsi yang memunyai fungsi invers
  29. Memilih masalah sehari-hari yang dapat diselesaikan menggunakan konsep fungsi invers
  30. Mendemonstrasikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan fungsi invers suatu fungsi
  31. Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan fungsi invers suatu fungsi

Download Modul Pembelajaran Matematika Kelas 10 SMA Semester Ganjil 2020

Modul Pembelajaran Matematika Kelas 10 SMA Semester Ganjil 2020

Selengkapnya mengenai Modul Pembelajaran Matematika Kelas 10 SMA Semester Ganjil 2020 :

1. Versi Satu


2. Versi Kedua

Terima kasih sudah menyimak sedari awal mengenai Modul Pembelajaran Matematika Kelas 10 SMA Semester Ganjil 2020, semoga bermanfaat. Salam.





Post a Comment for "Modul Pembelajaran Matematika Kelas 10 SMA Semester Ganjil 2020"