Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beberapa Fakta Mengenai 5 Hewan Cerdas yang Jarang Diketahui


Beberapa Fakta Mengenai 5 Hewan Cerdas

sanggarbelajarhero.blogspot.com - Hewan merupakan makhluk hidup yang memiliki struktur tubuh yang sama dengan manusia. Hal yang membedakan hewan dan manusia ialah akalnya. Hewan tidak diberikan akal oleh Sang Pencipta. Akan tetapi, beberapa hewan dapat dikatakan memiliki kecerdasan seolah mereka memiliki akal.
Beberapa Fakta Mengenai 5 Hewan Cerdas yang Jarang Diketahui
Umumnya kita mengetahui hewan yang cukup cerdas ialah bangsa primata dan juga lumba-lumba. Hewan tersebut mampu melakukan hal yang mengagumkan terutama hal yang diperintahkan manusia. Khususnya lumba-lumba ternyata dapat dijadikan hewan terapi bagi penyakit tertentu yang berhubungan dengan psikologis.

Selain hewan tersebut, terdapat beberapa fakta mengenai hewan cerdas lain yang jarang diketahui oleh banyak orang. Hewan apasajakah itu? Berikut ulasannya.

Gajah

Hewan yang pertama ialah gajah. Hewan mamalia yang berukuran tinggi besar ini ternyata memiliki kecerdasan tingkat tinggi. Tak jarang hewan ini juga sering dijadikan hewan sirkus yang sangat menghibur. Gajah mampu melakukan aksi meggemaskan yang biasanya dilakukan manusia seperti menendang bola, bermain holahop dan sebagainya. Di habitat aslinya pun gajah sangat terlihat cerdas. Hal ini bisa terlihat saat ia berusaha mengusir lalat yang mendekatinya. Gajah akan menggunakan kayu atau daun lebar untuk mengusir lalat. Caranya ialah dengan menggerakkan dan mengibas-ngibaskan daun tersebut. Tingkahnya ini sudah seperti manusia. Hewan lain belum tentu secerdas itu saat mengusir lalat.

Serigala

Hewan cerdas berikutnya ialah serigala. Anda pasti tidak akan mengira jika hewan ini memiliki kecerdasan yang tinggi dibanding hewan pada umumnya. Bahkan dalam beberapa penelitian hewan ini bisa lebih cerdas daripada anjing peliharaan. Beberapa ahli melakukan tes logika dan hasilnya nilai untuk serigala lebih tinggi daripada anjing peliharaan. Kecerdasan yang dimiliki serigala bisa dilihat bagaimana caranya ia berburu di alam bebas. Hewan ini berburu dengan menggunakan strateginya sendiri. Ia mampu mendapatkan buruan atau makanannya dengan lebih cepat dan tepat sasaran. Cara serigala berburu disebut sebagai cara yang terbaik diantara hewan lainnya.

Gurita

Hewan cerdas yang satu ini memiliki tingkat kecerdasan yang mengagumkan. Gurita ini termasuk kedalam salah satu hewan invertebrata atau tanpa tulang belakang. Namun, diantara hewan sejenisnya gurita ini termasuk yang memiliki otak paling besar. Gurita juga memiliki saraf yang ada pada lengan tentakelnya. Karena kedua bagian tubuhnya tersebut gurita juga mampu melakukan perburuan di dalam laut. Teknik yang ia gunakan pun sangat cerdik. Lihat saja bagaimana ia akan mengejar mangsanya dengan cepat lalu tak lama kemudian ia akan menangkapnya dengan sigap. Hal inilah yang membuat gurita dapat dikatakan sangat cerdas.

Gagak

Gagak ternyata juga masuk kedalam daftar hewan cerdas dari jenis burung. Beberapa ilmuwan menjelaskan bahwa kecerdasan gagak dapat disetarakan dengan anak manusia berusia 7 tahun. Gagak ini juga memiliki kemampuan untuk mengenali wajah manusia. Hal ini biasanya tak banyak dimiliki oleh hewan lainnya. Selain itu, gagak mampu memikirkan masa depannya serta memecahkan masalahnya sendiri. Hal ini tentu sangat cerdas untuk ukuran seekor hewan. Kecerdasan gagak bisa, dibuktikan saat ia mencari makan. Ia akan merakit sendiri sebuah alat untuk dapat memperoleh makanannya sendiri. Hal ini umumnya dilakukan oleh manusia bukan?

Beo

Hewan cerdas berikutnya juga datang dari jenis burung yaitu beo. Seperti yang kita ketahui burung ini mampu menirukan suara di sekitarnya terutama suara manusia. Hal ini membuktikan bahwa burung ini memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi dibanding hewan biasa. Orang yang memelihara hewan ini tentu faham bagaimana pintarnya hewan ini saat menirukan suara. Selain kemampuannya dalam meniru suara, beo juga memiliki ingatan yang kuat. Hal ini terbukti saat ia mampu mengulang-ulang suara yang pernah ia dengar sebelumnya. Hewan ini seolah telah menghafal suara yang ada disekitarnya. Jadi, berhati-hatilah jika ingin melatih beo. Pastikan perdengarkan kata-kata yang baik dan benar.

Itulah beberapa fakta mengenai 5 hewan cerdas versi sanggar belajar hero yang jarang diketahui oleh banyak orang. Kecerdasan yang dimiliki oleh hewan tersebut berasal dari insting yang dimiliki hewan tersebut. Anda harus berhati-hati karena kecerdasannya Anda bisa saja terkalahkan atau bahkan diserang. Sebab, saat terancam hewan-hewan tersebut akan menggunakan kecerdasannya untuk melawan musuhnya.

Post a Comment for "Beberapa Fakta Mengenai 5 Hewan Cerdas yang Jarang Diketahui"