Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pertanyaan dan Kisi-Kisi UJI KOMPREHENSIF yang Harus Peserta PPG PGSD Pahami

Contoh Pertanyaan Uji Komprehensif PPG 2021 - Uji Komprehensif PPG merupakan penilaian yang dilakukan secara menyeluruh tentang teori pedagogik dan pengetahuan bidang studi termasuk materi esensial, advance materials dan kebermaknaan (apa, mengapa, bagaimana) yang bersumber dari perangkat pembelajaran yang dihasilkan dari lokakarya dan dipeluas pada aspek penerapan Technological, Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) dan pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) untuk mengukur kesiapan dan kecukupan kompetensi mahasiswa sebelum mengikuti Praktik Pembelajaran Lapangan (PPL).

Bagi Anda yang pengajar Sekolah Dasar, Baca Juga
Nah, bagi Anda yang masih meraba-raba atau penasaran dengan pertanyaan yang dilontarkan pada uji komprehensif PPG 2021, bisa menyimak ulasan seputar soal atau pertanyaan dan juga kisi-kisi mengenai UJI KOMPREHENSIF PPG 2021berikut ini.

Pertanyaan dan Kisi-Kisi UJI KOMPREHENSIF yang Harus Peserta PPG PGSD Pahami


SOAL UJI KOMPREHENSIF


CP 1

  1. Bagaimana kabar saudara? Apakah hari ini saudara siap untuk mengikuti uji komprehensif?
  2. Persiapan apa saja yang sudah saudara lakukan untuk menhgadapi ujji komprehensif?

CP 2

  1. Jelaskan klasifikasi kognitif menurut Bloom dan Anderson, terkait dengan representasi kemampuan berpikir HOTS?
  2. Kata kerja operasional apakah yang biasa digunakan untuk memppresentasikan kemampuan berpikir HOTs?
  3. Bagaimana cara mengembangkan RPP yang berorientasi pada HOTS, dari aspek penyusunan indikator?
  4. Apakah pemberdayaan kemampuan berpikir HOTS hanya terjadi pada bagian evaluasi saja?
  5. Bagaimana cara mengembangkan RPP yang berorientasi pada HOTs, dari aspek penyusnan proses (langkah)?
  6. Apakah RPP saudara sudah berorientasi untuk memberdayakan kemampuan berpikir HOTS? Harap ditunjukkan.

CP 3

  1. Bagaimana cara mengembangkan materi ajar dari dokumen kurikulum?
  2. Bagaimana cara mengajarkan materi yang berkategori sebagai : a. Fakta, b. Konsep, c. Prosedur
  3. Materi ajar memiliki dua katagori yaitu normal (umum) dan advance. Untuk siapa materi advance itu disusun? Mengapa demikian?
  4. Bagaimanakah saudara menguraikan materi advance material pada RPP yang saudara kembangkan?
  5. Dari 4 unsur keterampilan abad 21 (critical, Creative, Colaboratif) unsur manakah yang menunjang untuk diterapkan dalam pembelajaran? Apakah alasannya? Bagaimanakah langkah – langkah pembelajarannya?
  6. Berikan contoh bahwa suatu pembelajaran telah memberdayakan kemampuan berpikir kreatif
  7. Berikan contoh bahwa suatu pembelajaran telah memberdayakan kemampuan kolaboratif.

CP 4 

  1. Salah satu teori belajar adalah kontruktivisme, bagaimana teori ini diterapkan dalam proses pembelajaran? Model pembelajaran mana yang cocok dengan teori kontruktivisme ini? Langkah-langkah dari model tersebut seperti apa?
  2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan TPACK dan bagaimana implementasinya dalam penyusunan RPP?
  3. Apakah penerapan TPACK hanya pada penggunaan internet dalam pembelajaran saja?
  4. Bagaimana cara mengembangkan RPP yang menerapkan TPACK, dari aspek penyusunan materi dan langkah pembelajaran?

CP 5

  1. Harap disipakan dan ditayangkan video pembelajaran saudara (produk dari peerteaching) berdurasi 6 -10 menit menunjukan praktek pembelajaran inovatif, kreatif dan siswa aktif!

CP 6

  1. Bagaimana saudara merancang instrument dan menerapkan evaluasi autentik pada RPP dan pembelajaran?
  2. Aspek Evaluasi apa saja yang akan saudara lakukan pada pembelajaran di RPP?
  3. Bagaimana melakukan evaluasi dan menyiapkan instrument pada aspek kemampuan berpikir kritis siswa?
  4. Bagaimana melakukan evaluasi dan menyiapkan instrument pada aspek kemampuan berpikir kreatif siswa?
  5. Bagaimana melakukan evaluasi dan menyiapkan instrument pada aspek kemampuan berpikir kolaboratif siswa?
  6. Bagaimana melakukan evaluasi dan menyiapkan instrument pada aspek kemampuan berpikir komunikatif siswa?
  7. Bagaimana melakukan evaluasi dan menyiapkan instrument pada aspek sikap ilmiah siswa?

CP 7

  1. Mengapa seorang guru professional diminta menjadi guru yang reflektif?
  2. Apa makna guru reflektif dalam pembelajaran?
  3. Bagaimana saudara melakukan refleksi atas proses dan hasil pembelajaran yang akan saudara lakukan?
  4. Apakah saudara mempertimbangkan hasil penelitian atau informasi baru dalam menyusun RPP utamanya dengan cara diajarkan? Tunjukkan contohnya di RPP yang saudara siapkan.
  5. Mengapa hasil penelitian atau informasi baru perlu dipertimbangkan dalam menyusun RPP dan dalam pelaksanaan pembelajaran?


Kisi-Kisi Uji Komprehensif PPG 2021 


Silahkan Anda baca dan simak baik-baik kisi-kisi Uji komprehensif berikut ini :

Post a Comment for "Pertanyaan dan Kisi-Kisi UJI KOMPREHENSIF yang Harus Peserta PPG PGSD Pahami"