Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Yuk, Simak Cara Belajar di Rumah Lebih Efektif dan Menyenangkan


Yuk, Simak Cara Belajar di Rumah Lebih Efektif dan Menyenangkan - Sejak akhir februari dunia di gemparkan oleh keberadaan sebuah virus yang di duga berasal dari cina, tepatnya di wuhan yakni virus corona (covid-19). Keberadaan virus corona tersebut yang menggemparkan karena menyebar keberbagai negara membuat pemerintahannya untuk melakukan kebijakan demi memutuskan rantai penyebaran virus tersebut, tak luput juga dengan di Indonesia.


Yuk, Simak Cara Belajar di Rumah Lebih Efektif dan Menyenangkan
Kini di Indonesia juga terkena dampak dari virus tersebut. sehingga membuat pemerintah mengeluarkan sebuah kebiakan untuk membatasi gerakan setiap orang. Salah satu kebijakan pemerintah adalah lockdown dan Stay At Home (di rumah saja).

            Namun siapa sangka kebijakan tersebut membuat masyarakat indonesia menjadi senang, sebagain masyarakat indonesia mengeluh akan kebijakan tersebut karena sebagain masyarakat yang bekerja di luar rumah harus berhenti bekerja sementara. Sedangkan bagi msyarakat yang msaih mengenyam pendidikan terpaksa harus belajar di rumah tanpa harus melalui pembelajaran di sekolah atau di kampus-kampus tempat mereka mencari ilmu.

            Tidak semua orang nyaman menjalani aktifitas belajar di rumah, karena beberapa factor. Salah satu yang membuat tidak nyaman adalah kurangnya semangat Karena belajar hanya seorang diri, kurangnya referensi bacaan, atapu juga tidak adanya untuk berkonsultasi mengenai materi-materi yang sedang di pelajari.

Namun Anda seorang pelajar atau mahasiswa tidak perlu khawatir untuk tetap giat belajar meskipun di rumah. Berikut adalah tips nyaman belajar di rumah :

Buat Desain Tempat yang Nyaman

Langkah awal yang perlu anda siapkan untuk tempat nyaman belajar adalah desain ruangan ataupun tempatnya. Tempat pasti juga akan mempengaruhi terhadap gairah belajar seseorang. So, desain lain tempat belajar anda di rumah sedemikian rupa sehingga anda nyaman belajar sekalipun belajar anda tidak di gedung-gedung sekolah ataupun kampus.

Ciptakan Suasana Nyaman

Setelah Anda mendesain tempat untuk belajar Anda, langkah selanjutnya yang pelu anda lakukan adalah menciptakan suasana yang nyaman agar proses belajar anda lebih efektif.
Ada banyak cara untuk membuat suasana yang nyaman untuk Anda belajar di rumah tergantung pribadi setiap orang. Anda juga bisa belajar sambil mendengarkan headset, berbaring atau bahkan belajar di taman kecil rumah anda. Sehingga anda pun bisa belajar dengan nyaman dan tenang.

Belajar Bersama

Pasti yang akan sangat berkesan dalam kehidupan belajar Anda adalah belajar bersama dengan teman-teman sekolah atau kampus. Karena ada kebijakan lockdown dan stay at home membuat anda tidak bisa belajar bersama lagi dalam waktu tertentu. Namun hal ini bisa anda akali selama proses Belajar Dirumah yakni dengan belajar bersama keluarga.
Belajar bersama keluarga pasti akan sangat menyenangkan karena di samping anda belajar anda juga bisa menyalurkan pengetahuan anda kepada orang-orang yang Anda sayangi, entah itu bapak, ibu, atau adek sekalipan juga akan mendapat ilmu Baru dari Anda.

Belajar yang Sering Tapi Tidak Lama

Mungkin tidak akan merasakan lama ketika belajar bersama teman-teman Anda baik di kampus atau disekolah karena belajar bersama teman-teman sangat menyenangkan.  Hal ini pasti akan sangat berbeda dengan situasi dan kondisi belajar di rumah. Belajar di rumah pasti akan sangat membosankan dan waktu akan terasa sangat lama.  Agar belajar anda tetap efektif sekalipun di rumah alangkah baiknya anda menggunakan pola belajar sering namun tidak lama.  Dalam artian anda akan sedikit-sedikit membukan buku (belajar) tanpa memerlukan waktu yang sangat lama. Dengan begitu proses belajar yang sangat menyenangkan bukan ?

            Kebijakan pemerintah tentang batasan bergerak ini memang sangat meresahkan, namun sebagai warga Indonesia yang rukun dan damai alangkah baiknya untuk mentaati kebijakan tersebut seperti sistem belajar jarak jauh ini atau belajar di rumah. Karena kebijakan tersebut juga merupakan kebaikan untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Post a Comment for "Yuk, Simak Cara Belajar di Rumah Lebih Efektif dan Menyenangkan"