Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SELAYANG PANDANG TRY OUT UJIAN NASIONAL SMP





Minggu ini, hampir dipastikan ulangan akhir semester ganjil akan berakhir. Persiapkan dirimu untuk menyongsong berlangsungnya TRY OUT untuk Ujian Nasional di tahun 2019. Kalau di Kabupaten kita tercinta ini, Try Out diselenggarakan tepat jeda beberapa hari setelah UAS berakhir, artinya adik-adik kelas kalian asyik ria ber class meeting, kalian sibuk pening sendiri menghadapi Try Out (hehehehe). TRY OUT? apa itu TRY OUT? makanan apa itu? Oke, mari kita bahas apa itu TRY OUT.

TRY OUT bisa dikatakan uji coba atau penjajagan gaes, atau bahasa kerennya simulasi. jadi, apa yang akan kamu hadapi di Ujian Nasional yang akan datang, akan disimulasikan terlebih dahulu, dengan apa?ya dengan try Out ini. Setiap sekolah biaanya akan menyelenggarakan Try Out dengan jumlah variatif, artinya tiap sekolah akan menyelenggarakannya sesuai dengan kebutuhan siswanya. 

Pentingnya Try Out Ujian Nasional

Norak lu, masak gak update sih lu. Try out tentu sangat penting sekali, mengingat apa yang ada di kisi-kisi Ujian Nasional akan dimunculkan di sini dalam bentuk soal latihan, biasanya jumlahnya 40 soal unuk mapel IPA dan Matematika, 50 soal untuk Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Tidak menutup kemungkinan lho gaes, biasanya soal-soal yang dikeluarkan di Try Out muncul juga di Ujian Nasional kalian kelak. Jadi istilah gampangnya Try Out itu adalah ujian dalam versi mini. Atau icak-icak ujian dalam base kite gaes. Tapi eeeeiiittsssss tunggu dulu, ada beberapa sekolah yang menggunakan nilai Try Out ini untuk nilai-nilai tugasmu atau bahkan nilai Try Out ini digunakan untuk nilai penggganti nilai semesteran. 

Tidak jarang juga nilai Try Out ini akan di tampilkan di mading, ditempel dan semua siswa bisa melihat nilai kita. OHHHH Mai Gad, mau ditaruh dimana ini muka, apabila nilai yang kita dapat di Try Out jelek, malu semalu-malunya (kayak lagu malaysia ;d) sama gebetan lu gaes!daaaannn yang paling bikin jantung kita berdekat kencang, tentu saja dan ini nyata, nilaimu dalam Try Out nanti akan dilaporkan pihak sekolah kepada orang tua kalian agar orang tua kalian tahu seberapa progres belajar kamu di sekolah, khususnya dalam mempelajari mata pelajaran yang di Ujian Nasional kan. Bisa dibayangkan, bagaimana kecewanya orang tua kalian kalau nilai kalian tidak memuaskan.

Strategi Menghadapi Try Out Ujian Nasional

Tenang, calm down brother jangan panik meskipun kurang piknik (admin banget:d). Ibarat perang, Try Out pun butuh strategi tersendiri gaes. Berikut ini, beberapa strategi yang perlu kalian siapkan untuk menghadapi Try Out agar sukses sampai Ujian Nasional kelak.

Perhatikanlah guru mapel UN dengan seksama
Guru merupakan sosok sentral pendidikan, perannya dalam kegiatan pembelajaran di sekolah tidak usah diragukan lagi. Begini gaes, tiap guru mapel UN biasanya mempunyai prediksi akurat tentang soal-soal UN yang akan datang berdasarkan kisi-kisi yang dikeluarkan pemerintah sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkannya. Jadikan kemampuan gurumu tersebut untuk keuntungan diri kamu, maksudnya begini, catat penjelasan guru kalian itu kemudian kalian perdalam  tentang materi yang di ajarkan gurumu tersebut di rumah.

Sering-sering berlatih soal-soal Ujian Nasional tahun-tahun sebelumnya
Maksudnya begini gaes, dengan sering sering kalian berlatih soal (soal apapun, tidak mesti soal-soal UN tahun lalu) berati kalian mengasah "prasangka" di otak kalian agar kalian nantinya dalam menghadapi Try Out ataupun Ujian nasional, tidak terlampau terkejut ketika mengetahui bentuk soalnya. Biasanya nih ya soal-soal dari UN yang tahun-tahun sebelumnya tuh agak 11 12 dengan UN yang akan datang gaes.

Manfaatkan gadgetmu untuk mendownload latihan soal-soal UN di internet     
Jaman sekarang siapa sich gaes yang gak punya gadget? Di jaman milenial seperti sekarang, setiap anak usia SMP biasanya sudah memiliki gadget di tangannya, entah itu laptop, tablet ataupun smartphone. Nah, dari pada gadget-gadget keren itu dimanfaatkan untuk aktifitas yang kurang bermanfaat, lebih baik pakai gadgetmu untuk bisa memperkaya kemampuan analisamu mengenai soal-soal UN gaes. Mulailah buka gadgetmu, searching di internet. Di internet banyak tersebar soal-soal UN dari tahun-tahun sebelumnya, dan tentu saja ada beberapa blog ataupun web yang memiliki menu  aplikasi simulasi online Ujian nasional. Kalau kamu merasa ribet, buka tuu Play Store yang ada di gadget androidmu dan searching mengenai aplikasi Try Out ataupun Simulasi Ujian Nasional Online. Nyampah di Play Store gaes .

Manfaatkan waktu luangmu untuk ikut bimbingan belajar/les
Jaman sekarang sangatttttt banyak tempat bimbingan ataupun tempat les bak jamur di musim hujan. Setiap bimbingan belajar memiliki keunggulan masing-masing dalam pelayanannya yang tentu saja bisa kalian manfaatkan, ya setidaknya daripada kalian main game dirumah ataupun main motor dan nongkrong-nongkrong gak jelas. Di tempat bimbingan belajar atau tempat les, kemampuan kalian akan diasah, dengan berbagai latihan-latihan soal. Tidak jarang lho gaes, kemampuan tentor/pengajar  les dalam memprediksi soal-soal UN lebih akurat, apalagi tentor/guru les yang sudah senior atau yang sudah lama berkecimpung di dunia bimbingan belajar. 

Segitu dulu ya, selayang pandang tentang Try Out Ujian Nasional, semoga dengan sekelumit info dari kami ini bisa bermanfaat bagi kalian. Salam sukses dari kami, SANGGAR BELAJAR ''HERO''

Post a Comment for "SELAYANG PANDANG TRY OUT UJIAN NASIONAL SMP"